Dari Limbah Sisik Ikan Menjadi Kerajinan Tangan Menarik

0
149

GOTVNEWS, BINTAN – Siapa bilang sisik ikan atau limbah kulit gonggong tidak dapat dimanfaatkan??. Seorang warga Kampung Sakera, Bintan Utara, Kabupaten Bintan, mampu menyulap limbah sisik ikan menjadi bernilai jual, dengan cara dikreasikan menjadi kerajinan tangan yang menarik.

Belasan kaum Ibu di Kampung Sakera mulai mengkreasikan limbah binatang laut yang banyak ditemui di sekitar tempat tinggal mereka sejak tahun 2017 lalu.

Inilah berbagai hasil karya kerajinan tangan yang dibuat dengan bahan dasar sisik ikan dan limbah kulit gonggong. Hiasan bunga, bros, hingga vas bunga dikreasikan dengan cekatan oleh para Ibu yang tergabung dalam Kelompok sadar wisata.

Harga souvenir dijual mulai dari Rp.10.000 hingga ratusan ribu rupiah. Dipasarkan melalui Iven-iven pariwisata di Bintan maupun Tanjungpinang. Jika sedang ramai orderan, kelompok pengrajin sakera bersenyum emas mampu meraup omzet hingga 10 juta rupiah.

Dari limbah yang tidak berguna, para Ibu di kampung Sakera, Bintan ini mampu berkreasi dan bernilai ekonomis serta menambah pendapatan keluarga.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here