Dinsos Kepri Edukasi Masyarakat Cegah Bahaya Narkotika

0
187

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, BNN dan Organisasi Penggiat anti narkotika melaksanakan penyuluhan bahaya narkotika kepada masyarakat di Kelurahan Pinang Kencana, Minggu (1/12) pagi.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang, Gerakan Anti Narkotika (Garaka) Kepri, dan Gerakan Peduli Perempuan Kepri, dilibatkan dalam kegiatan edukasi tentang bahaya narkoba ini.

Dengan tema “Mewujudkan Generasi Muda yang Berahlak, Terpelajar dan Berprestasi Tanpa Narkoba”, Dinsos Kepri berikan penyuluhan sosial dengan tujuan agar masyarakat bekerja sama menjaga lingkungan terbebas dari pengaruh narkotika.

Sekretaris Dinas Sosial Kepri, Endang Suhara yang membuka secara resmi kegiatan ini mengatakan, saat ini setidaknya ada 200 lebih anak dibawah umur yang tersangkut masalah hukum, salah satunya terkait penyalah gunaan narkoba. Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan, salah satunya edukasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat.

Pemateri dalam penyuluhan ini, Ketua Garaka Kepri, Hamas Muslim Suni menjelaskan, saat ini masyarakat awam harus lebih paham dan mengetahui tentang bahaya narkotika. Selain narkotika yang dikenal secara umum, masih banyak lagi jenis bahan berbahaya yang mengancam, seperti minuman keras oplosan dan jenis narkoba lain.

Salah satu peserta, Indah Purnama Sari mengatakan penyuluhan seperti ini sangat tepat dilakukan, mengingat pengetahuan masyarakat tentang bahaya dan jenis narkotika yang masih minim.

Sebelumnya, Pemateri dari BNN Kota Tanjungpinang, Lia Afriani memberikan pemaparan, terkait fungsi BNN yang meliputi pencegahan dan pemberantasan narkotika. Serta pemutaran video wawancara dengan bandar narkoba, untuk memberikan wawasan kepada peserta tentang bahayanya narkoba saat ini.

Penyuluhan ini diikuti sekitar 100 orang peserta, mulai dari tokoh-tokoh masyarakat, ketua RT- RW, hingga pemuda-pemuda di Kelurahan Pinang Kencana.

Wilayah Kepri yang kerap menjadi gerbang masuknya peredaran narkotika Internasional, merupakan kondisi yang mewajibkan setiap masyarakat atau orangtua untuk meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak diluar rumah. Diketahui baru- baru ini Petugas Polres Tanjungpinang menjegal peredaran narkoba sebanyak 25 Kg narkotika jenis sabu.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here