Pemkab Bintan Belum Keluarkan Surat Dukungan Pembangunan Universitas Peking

0
293

GOTVNEWS, BINTAN – Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir mengatakan Pemerintah Kabupaten Bintan tidak pernah merasa dilibatkan untuk rencana pembangunan Sekolah bertaraf Internasional, Peking University  yang akan dibangun di Batu Licin, Kelurahan Gunung Lengkuas, Bintan.

Dalam rekaman wawancara melalui sambungan telepon, Tamsir mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bintan belum pernah mengeluarkan surat dukungan rencana berdirinya Universitas Peking. Menurutnya, Universitas Negeri maupun Universitas Swasta yang akan membuka cabang harus mendapat surat dukungan dari Kepala Daerah.

Apabila Investor dari luar negeri untuk berinvestasi di dunia pendidikan membangun Universitas harus mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia. Biasanya Perguruan Tinggi ternama membantu dalam bentuk kerja sama dalam bidang meningkatkan mutu  pendidikan riset dan teknologi bukan berarti membuka cabang Universitas.

Sebelumnya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah 10 Sumatera menyurati Plt Gubernur Kepri terkait keberadaan perguruan tinggi asing. LLDIKTI menyatakan tidak pernah memberikan surat rekomendasi pendirian Universitas Peking di Bintan.

Dalam surat edaran tersebut juga disampaikan, sesuai dengan Undang – undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi bahwa penyelenggara pendidikan tinggi wajib memperoleh izin dari Pemerintah Republik Indonesia, selain itu, persyaratan dan prosedur pendirian Perguruan Tinggi harus sesuai dengan Permenristekdikti nomor 51 tahun 2018 tentang pendirian,perubahan dan pencabutan izin Perguruan Tinggi swasta.(Yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here