Melihat Produksi Lilin Gaharu Setinggi 3 Meter di Bintan

0
119

GOTVNEWS, BINTAN – Jelang perayaan Imlek tahun ini, pengrajin lilin gaharu mulai kebanjiran pesanan. Tingginya pesanan sudah dirasakan sejak November 2019.

Salah satu tempat produksi lilin gaharu di Kampung Cikolek, Desa Toapaya Utara, Bintan, misalnya, mereka mulai kebanjiran pesanan lilin gaharu jelang perayaan Imlek. Jika dihari biasa mereka hanya memproduksi 20 batang lilin per hari, kini meningkat menjadi 40 batang lilin per hari.

Lilin yang yang diproduksi disini memilik ragam motif dan ukuran. Motif yang paling banyak dipesan adalah berbentuk nanas dan naga. Sedangkan ukuran lilin yang diproduksi bervariasi , dari ukuran 30 centimeter hingga lilin yang paling besar mencapai 3,5 meter.

Para pekerja membutuhkan waktu dua pekan untuk memproduksi satu batang lilin berukuran 3,5 meter. Sedangkan lilin berukuran 1 meter, mereka membutuhkan waktu selama 4 hari.

Lilin gaharu dijual dengan harga Rp. 300 ribu hingga Rp. 4 juta. Umumnya pesanan lilin dikirim ke berbagai daerah di Wilayah Kepri.

Salah seorang pekerja tempat produksi lilin gaharu, Ribut Haryani mengatakan mereka harus bekerja ekstra untuk memenuhi pesanan yang terus meningkat.

Dalam kepercayaan warga Tionghoa, lilin gaharu merupakan satu dari benda persembahan sebagai lambang penghormatan dan dipercaya dapat menentramkan pikiran, mengheningkan cipta dan mengusir hawa jahat.(Yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here