Kades Didorong Segera Salurkan Dana Desa

0
232

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Sekretaris Badan nasional pengelolaan perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro menyampaikan amanat Mendagri, Tito Karnavian, tentang penyaluran dana desa, dalam amanat tersebut, para Kades didorong untuk segera mencairkan dana desa, dan menggunakan dana secara efektif serta berdampak nyata bagi masyarakat.  Selasa (25/2).

Hal ini disampaikan Suhajar pada rapat kerja bersama seluruh Kades se-Kepri, di Hotel Aston Tanjungpinang. Suhajar menekankan para Kades agar segera mencairkan dana desa diawal tahun, atau selambat-lambatnya pada bulan Juni.

 Kegiatan ini bertujuan untuk membina Kepala desa untuk memahami aturan mengenai penggunaan dana desa agar menghindari segala bentuk penyimpangan. Kepala desa juga didorong untuk segera memanfaatkan alokasi dana desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Suhajar menyebut sekitar 7000 desa yang ada di Indonesia, terdapat sekitar 400 lebih desa yang tersandung litigasi terkait dana desa, sekitar seratus lebih kasus saat ini sudah masuk ke ranah pengadilan, Suhajar berharap dengan adanya pembinaan kepada Kepala desa, dapat mengurangi jumlah Kades yang tersandung masalah hukum kedepannya.

Suhajar mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Kepri, yang membina kades melalui program “Jaga desa”, menurut Suhajar dengan program ini Kejaksaan dapat memberi pembinaan kepada para Kades agar lebih memahami peraturan yang berlaku.

Dalam Raker ini, ratusan Kades di Lima Kabupaten di Kepri mendapatkan pemaparan dari beberapa narasumber, tentang tata cara percepatan penyaluran dana desa.Salah satu peserta, Kepala desa Batu belubang Kecamatan Bakong Serumpun, Lingga, mengaku raker ini sangat bermanfaat bagi para Kades.

Materi pemaparan antara lain tentang Permendes no. 11 tentang prioritas dana desa tahun 2020, Peraturan Menteri keuangan no. 207/07 tentang pengelolaan dana desa, penerapan Siskeudes versi 2.0.2 dalam pengelolaan dana desa, dan peran Pemerintah dan Pemda dalam percepatan penyaluran dana desa. Raker percepatan penyaluran dan pemanfaatan dana desa, yang bertema menopang ketahanan sosial ekonomi masyarakat tahun 2020 ini, berlangsung selama satu hari.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here