68 ABK Kapal Vietnam Ditangkap Saat Mencuri Ikan

0
169

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Tertangkap basah saat mencuri ikan di perairan Indonesia, lima kapal asing milik nelayan Vietnam ditangkap petugas  pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan , PSDKP,Kota  Batam, Kepulauan Riau.

Puluhan ton ikan diamnakan dari kapal asing tersebut. Semenatara untuk mencegah wabah Korona, tim medispun intens melakukan pemeriksaan pada para ABK kapal asing tersebut.

Beginilah detik detik penangkapan kapal ikan asing yang berhasil diabadikan oleh anggota PSDKP Batam, Kepulauan Riau. Setelah melakukan pengejaran yang cukup alot, kapal PSDKP berhasil mengamankan lima kapal penangkap ikan milik warga Vietnam, diperairan Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Saat pengejaran, kapal petugas sempat melepaskan tembakan karena kapal asing tersebut mencoba kabur dan melakukan perlawanan.

Menurut Menteri kelautan dan perikanan, Edhy Prabowo, dari kelima kapal, petugas mengamankan 68 orang ABK dan 30 ton ikan hasil curian. Modus yang digunakan kapal asing ini dalam menjarah kekayaan laut Indonesia, dengan mengibarkan bendera Malaysia,  karena saat diamankan, kapal asing tersebut berada di perairan ZEE Indonesia yang berbatasan dengan perairan Malaysia.

Sementara itu, untuk antisipasi penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan Kota Batam dan Kementerian kesehatan melakukan pemeriksaan rutin pada 68 orang ABK kapal asal Vietnam tersebut dengan mengunakan alat pengukur suhu tubuh.(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here