Iskandarsyah Dorong Pemprov Kepri Segera Realokasi Anggaran Penanganan Wabah Covid-19

0
217
Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah. (Foto Ist)

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Ketua Komisi II DPRD Kepri, bidang ekonomi dan keuangan, Iskandarsyah mendorong Pemprov Kepri segera merealokasi anggaran percepatan penanganan Covid-19 di Kepri. Rabu (25/3).

“Inti nya pemda harus segera menjalankan instruksi presiden untuk mengalokasikan anggaran kejadian luar biasa covid-19, baik untuk fokus bidang kesehatan maupun dampak non kesehatan,“ ujar Iskandarsyah.

Menurutnya, Pemprov Kepri beserta pemerintah kabupaten-kota harus segera merealisasikan dan menghitung realokasi anggaran yang dibutuhkan, hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden no. 4 tahun 2020, tentang penanganan Covid-19 dengan memangkas anggaran non prioritas agar DPRD Kepri segera membahas dan menyetujui.

“Perkiraan kami kita butuh sekitar Rp 50 Miliar baik yg bidang kesehatan maupun tidak, jika dari Kabupaten/Kota bisa Rp 50 Miliar juga, bisa kita manfaatkan dana Rp 100 Miliar untuk penanganan wabah ini,” katanya.

Iskandarsyah menegaskan perlu ada sikap yang cepat tanggap dalam menangani pandemi Covid-19 serta koordinasi antara Pemprov Kepri dan seluruh pemerintah kabupaten – kota di Kepri. Terutama terkait anggaran untuk penanganan medis, maupun non medis seperti memberikan bantuan bagi masyarakat yang saat ini mengalami kelemahan daya beli, dan berkurang pendapatan karena lesunya perekonomian akibat Covid-19. Pemda juga harus memastikan ketersediaan bahan pokok dan mengendalikan harga pasar agar masyarakat mudah mendapatkan pasokan bahan pokok.

Legislator asal Karimun ini meyakini, jika semua lini perangkat pemerintah bersinergi dalam penanganan Covid-19 serta masyarakat yang memiliki kemampuan turut memberikan bantuan, maka kita akan bisa mengatasi permasalahan covid-19 secara bersama-sama.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here