DPRD Kepri Dukung Realokasi Anggaran Penanganan Covid-19

0
406

GOTVNEWS, BATAM – Sesuai dengan Instruksi Presiden No. 4 tahun 2020 tentang penanganan covid-19 dan Permendagri No.20 tahun 2020, DPRD Kepri menyatakan dukungan penuh terhadap kebijakan tersebut.

Menindaklanjuti instruksi itu, unsur pimpinan dan Ketua Fraksi di DPRD Kepri melakukan rapat konsultasi penganggaran untuk penanganan covid-19, di Graha Kepri, Batam, Kamis (26/3) siang.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak yang juga anggota dari gugus satgas covid-19 mengatakan DPRD Kepri mendukung dan memberi keleluasaan kepada Pemprov Kepri dalam merealokasi APBD Kepri untuk mengatasi covid-19.

Jumaga menambahkan, sementara estimasi dana penanganan covid-19 diperkirakan sejumlah Rp 40 milyar rupiah, namun angka ini belum final, masih bisa bertambah selama berjalannya waktu penanganan.

Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah mengatakan disaat kondisi bencana wabah covid-19 ini, langkah cepat tanggap dari semua pihak sangat dibutuhkan, untuk itu terkait usulan dari Pemprov dalam penggunaan realokasi anggaran.

Sesuai dengan Inpres No. 4 tahun 2020 dan Permendagri No. 20, tentang realokasi anggaran dalam situasi wabah covid-19, sumber dana diambil dari APBD, seperti PAD, dana SPPD dan anggaran non prioritas lainnya.

Dana penanganan tersebut akan digunakan untuk mendanai pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, insentif untuk tenaga medis dan keperluan medis lainnya, bahkan untuk pembiayaan non medis, seperti bantuan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here