Melihat Keunikan Masjid Sultan Riau Penyengat

0
246

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Selain unik karena salah satu campuran bahan bangunan yang gunakan adalah putih telur, Masjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat,  Tanjungpinang, Kepulauan Riau ternyata merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan kubah sebagai representasi kekuasaan dan kebesaran tuhan, Senin (11/5).

Mesjid ini memiliki 12 buah kubah dengan empat buah menara yang menjulang. Pada festival istiqlal tahun 1995 lalu, Mesjid Raya Sultan Riau ini merupakan mesjid pertama di indonesia yang menggunakan kubah.

Mesjid ini mulai di bangun pada tahun 1761 hingga 1812, namun saat itu kondisi nya masih berupa bangunan kayu dan berlantaikan batu bata. Hingga pada masa kepemimpinan yang Dipertuan Muda Raja Abdurrahman yakni Sultan Kerajaan Riau Lingga pada tahun 1832, seluruh rakyat di ajak untuk bergotong royong dan beramal untuk memugar mesjid.

Pada bagian dalam mesjid memiliki berbagai peninggalan bersejarah, diantaranya, Al-qur’an tulisan tangan Abrurrahman Istanbul yang ditulis pada tahun 1867 masehi. Ia merupakan seorang ulama yang di utus oleh Sultan untuk belajar ke Turki. Kemudian lampu kristal hadiah dari kerajaan Prusia Jerman. Pada bagian depan terdapat mimbar hasil ukiran Jepara yang di datangkan langsung pada masa itu.

Mesjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat ini selalu menarik perhatian para pengunjung, terutama pada bulan Ramadhan pengunjung dari berbagai daerah serta manca negara berdatangan. Namun sejak awal Ramadhan tahun in, pengurus masjid telah meniadakan seluruh kegiatan ibadah, hal ini untuk mengantisipasi merebaknya wabah covid 19.

Warga berharap pandemi covid 19 ini segera berakhir agar mereka bisa kembali memakmurkan masjid dengan melakukan berbagai kegiatan ibadah.(Brm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here