Kelompok Tani di Lingga Masuki Musim Tanam Padi

0
282

GOTVNEWS, LINGGA – Kelompok petani empat Desa di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau telah memasuki musim  tanam padi kedua di tahun ini. Upaya ini dilakukan untuk mendukung ketersediaan pangan masyarakat.

Salah satunya aktivitas para petani di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur. Petani di desa ini sedang memasuki musim tanam padi,mereka tampak bersemangat menanam padi jenis padi sawah dan padi gogo seperti jenis padi inpara 6 dan 8 serta inpago 8 dan 9.

Pemerintah Kabupaten Lingga memang sedang menggesa penyetakan sawah di berbagai wilayah. Data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, setidaknya ada empat desa yang saat ini tengah memasuki musim tanam padi dari total enam desa yang sudah mengembangkan sektor pertanian padi.

Namun dalam mengembangkan pertanian padi, para petani masih mengalami berbagai kendala, dari mulai perubahan cuaca, minimnya sarana irigasi serta harga pupuk yang kurang stabil.

Para petani mengaku memperoleh manfaat dari pengembangan pertanian padi. Mereka tak lagi bergantung pasokan beras dari luar daerah karena hasil panen bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, selain itu para petani juga memperoleh tambahan penghasilan dari hasil penjualan beras.

 Bupati Lingga, Alias Wello mengatakan pengembangan sektor pertanian padi merupakan program prioritas yang terus digesa. Namun ia berharap dukungan Kementerian Pertanian dalam mengoptimalkan saluran irigasi yang kini menjadi kendala utama para petani.

 Sebelumnya pada April lalu, di tengah pandemi covid 19, kelompok petani di Desa Panggak Darat berhasil memanen padi sebanyak 77,76 ton. Hasil panen ini diproyeksikan mampu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat hingga 9 bulan kedepan. Sejak empat tahun terkahir, Pemerintah Kabupaten Lingga mampu mencetak 943,95 hektare sawah yang tersebar di di beberapa desa. Kini masyarakat Lingga tengah bersiap menuju lumbung pangan di wilayah perbatasan.(Brm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here