Tanjungpinang dan Batam Masuk Zona Merah Covid 19

0
1804

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana menjelaskan tentang definisi dari zona merah, zona kuning dan zona hijau pada masa pandemi covid 19 ini, Jumat (15/5).

“Masih ada kasus atau pasien yang terkonfirmasi covid 19 dan banyaknya cluster di daerah yang terjangkit covid 19, menjadi indikator sebuah daerah dinyatakan zona merah,” tutur Tjetjep.

Selain itu, zona merah ini adalah wilayah yang basisnya cukup tinggi dan memungkinkan untuk terus adanyanya penambahan pasien terkonfirmasi covid 19, jika masyarakatnya tidak melakukan upaya pencegahan. Untuk saat ini, berdasarkan dari peta status penyebaran covid 19 di Provinsi Kepri yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, Kota Batam dan Kota Tanjungpinang masuk kedalam status zona merah.

Sementara itu yang dimaksud dengan zona kuning adalah, daerah yang pernah ada kasus, namun tingkat penyebarannya rendah, dan mampu dikendalikan. Sehingga penyebarannya tidak masif.

“Zona kuning ini adalah daerah yang tingkat penyebarannya rendah dan mampu dikendalikan,”tuturnya.

Status zona merah bisa turun ke zona kuning, hingga ke zona hijau, apabila satu daerah telah melakukan inkubasi selama 14 hari, dan tidak ada muncul kasus lagi, maka daerah tersebut bisa turun menjadi zona kuning.

“Kalau dua kali masa inkubasi, tidak ada kasus di suatu daerah, maka statusnya bisa hijau, artinya tidak ada kasus lagi dan yang terkonfirmasi sudah sembuh,” tutup Tjetjep.(Erl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here