Harga Jual Ikan Bilis Anjlok, Nelayan di Desa Kuala Raya Merugi

0
333

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Sebagian besar para nelayan di Desa Kuala Raya, Kabupaten Lingga mengeluhkan turunnya harga jual ikan bilis hasil tangkapan. Para nelayan terpaksa menjual ikan bilis dalam kondisi lembab dengan harga Rp 40 ribu per kilogram.

Hujan yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir membuat para nelayan ikan bilis kesulitan menjemur hasil tangkapan mereka. Akibatnya harga jualnya pun turun, dari biasa dijual dalam kondisi kering seharga Rp 70 ribu per kilogram, kini terpaksa dijual dalam kondisi lembab seharga Rp 40 ribu per kilogram.

M Yasin salah seorang nelayan di Desa Kuala Raya, Kabupaten Lingga mengatakan tidak ada pilihan lain selain menjual dengan harga murah. Lamanya proses pengeringan ikan bilis membuat ia khawatir ikan hasil tangkapan membusuk dan ia semakin merugi. Hal ini juga dialami sebagian besar rekannya sesama nelayan, mereka tidak memiliki alat pengering dan hanya mengandalkan cahaya matahari.

Para nelayan di Desa Kuala Raya ini berharap, Pemerintah setempat bisa memfasilitasi kebutuhan alat pengering ikan bilis untuk membantu perekonomian mereka.(Ins)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here