PPDB 2020, Masyarakat Masih Menganggap Adanya Sekolah Favorit

0
33

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Evaluasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 masih ditemui, orang tua dan calon siswa yang berpatokan pada sekolah favorit, hingga menyebabkan penumpukan calon siswa di sekolah yang dianggap favorit dan tidak terpenuhinya kuota di sekolah yang dianggap tidak favorit.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Atmadinata, pada Jumat lalu, sesaat setelah melaksanakan sholat jumat, di Masjid Al Furqon, Kota Tanjungpinang.

Atmadinata mengatakan, pada PPDB online tahun 2020, ditemui adanya beberapa kendala, salah satunya terkait masih adanya anggapan sekolah favorit oleh calon siswa, hingga terjadinya penumpukan di sekolah tersebut dan tidak terpenuhinya kuota yang tidak dianggap favorit.

Padahal dalam sistem PPDB sudah disebutkan bahwa penerimaan berdasarkan empat jalur,yaitu jalur prestasi, jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur pindah orangtua. Tidak ada jalur sekolah favorit.

Jalur zonasi diterapkan, guna meniadakan sekolah favorit, agar terjadi pemerataan dalam penerimaan di setiap sekolah di wilayah Kota Tanjungpinang.

Untuk menyikapi siswa yang tidak diterima disekolah yang ditujunya, Dinas Pendidikan memberikan pilihan untuk tetap bersekolah, ke sekolah yang dekat dengan tempat tinggal calon siswa. Seperti empat sekolah yang masih kekurangan kuota, yaitu SMPN 6, SMPN 8, SMPN 12 dan SMPN 15.(Erl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here