Jelang Idul Adha 1441 H, Warga Berburu Bumbu Rendang Dan Santan

0
73

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Jelang perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah, warga Tanjungpinang terlihat mulai berburu bumbu rendang dan santan di Pasar Baru II Tanjungpinang.

Inilah suasana Pasar Baru II sehari menjelang Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli mendatang, tampak beberapa warga tengah berbelanja bahan kebutuhan bumbu rendang, seperti santan dan bumbu rempah yang telah digiling.

Pedagang santan di Pasar Baru II, Lis menyebutkan terjadi penurunan penjualan santan selama pandemi covid 19 sebesar 50 persen, begitu pula penjualan santan jelang Idul Adha saat ini, jika biasanya dalam sehari Lis mampu menjual ribuan buah kelapa, kali ini hanya sekitar 700 buah kelapa yang terjual dalam sehari. Santan kelapa dijual Rp.20.000 per Kg.

Begitu pula dengan penjual aneka bumbu masakan di Pasar Baru II, Elmawati mengaku bumbu rendang dan kari adalah bumbu yang paling dicari pelanggan. Namun demikian Elmawati juga mengeluhkan jumlah pembeli cenderung menurun jika dibandingkan tahun lalu, yaitu sebesar 40 persen.

Sementara itu salah satu pembeli, Iin mengaku sengaja berbelanja bumbu dipasar untuk persiapan Idul Adha nantinya, Iin berharap dengan perayaan Idul Adha tahun ini, seluruh permasalahan akibat pandemi segera berakhir.

Selain bumbu dan santan, terlihat juga pedagang menjual anyaman ketupat siap pakai, diketahui ketupat merupakan ikon khas bagi masyarakat Indonesia dalam perayaan hari raya bagi umat Islam.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here