Bawaslu Tanjungpinang, Ingatkan Timses Agar Tertib APK

0
155

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Jelang tahapan kampanye Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Kepri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang mengingatkan kepada setiap tim sukses Pasangan Calon (Paslon) untuk mengikuti aturan pada pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), terutama berupa baliho dan banner masing-masing Paslon.

Untuk mengantisipasi pelanggaran pemasangan APK tersebut, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini mengatakan, telah berkoordinasi dengan Laisan Official (LO) kepada ketiga Paslon , agar masing tim sukses dapat menertibkan APK secara mandiri.

Jika tim sukses belum menertibkan APK secara mandiri, Bawaslu Tanjungpinang akan melakukan penertiban APK yang tidak sesuai dengan aturan.

Menunggu PKPU yang baru tentang peraturan APK, saat ini Bawaslu masih menggunakan  PKPU yang lama yakni PKPU No.33 tahun 2018 tentang kampanye Pemilu, yang berisikan terhadap APK untuk baliho tidak boleh melebihi ukuran 4×7 meter dan spanduk paling besar berukuran 1,5×7 meter, kemudian umbul-umbul paling besar berukuran 1,15×5 meter.

Selain ukuran, penempatan APK juga akan dipantau, tempat yang dilarang meletakkan APK antara lain, rumah-rumah ibadah, lembaga pendidikan atau sekolah dan perkantoran Pemerintahan.

Tahapan kampanye direncanakan akan dimulai pada 26 September mendatang, setiap Paslon diminta untuk memperhatikan pola kampanye ditengah masa pandemi saat ini, guna mencegah klaster baru dalam Pilkada serentak tahun ini.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here