Menko Perekonomian Melepas Olahan Kelapa Siap Ekspor Ke Eropa Dan India

0
82

GOTVNEWS, BINTAN – Mendukung peningkatan ekspor non migas produk pertanian dari olahan kelapa, berupa santan dan tepung kelapa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, bersama Menteri Pertanian, Menteri Perindustrian, Menteri Koperasi dan UKM dan Wamen Perdagangan, melakukan peluncuran ekspor ke negara Eropa dan India, di Pelabuhan Seri Udana Lobam, Bintan.

Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian, bertugas sebagai instrumen strategis dalam ekspor produk pertanian, yang bertanggung jawab dalam memberikan sertifikat karantina. Untuk itu, produk olahan kelapa yang akan di ekspor ke luar negeri, telah memenuhi sertifikat karantina yang dikeluarkan oleh Badan Karantina Pertanian. Yang ditandai dengan penyerahan sertifikat oleh Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan,ekspor yang dilakukan hari ini luar biasa, karena dihadiri lebih dari satu Menteri dan Indonesia adalah negeri rayuan kelapa, jadi sudah sewajar Indonesia mengekspor kelapa, selain itu, minyak kelapa merupakan bagian yang selalu dikampanyekan oleh Menteri Pertanian sebagai salah satu produk yang baik untuk imunitas.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, pada tahun 2019 lalu, Provinsi Kepulauan Riau mengalami peningkatan ekspor pada sektor non migas, yang didominasi oleh produk pertanian, sebesar 1,29% atau naik sebesar Rp 1,69 triliun, dan tren positif ini terus berlanjut pada tahun 2020.

Dengan peningkatan ekspor ini, diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi.(Erl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here