Diduga Gunakan Gelar Palsu, Polisi Akan Segera Panggil RP Sebagai Tersangka

0
999

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Sat Reskrim Polres Tanjungpinang akan memanggil salah satu anggota legislatif di Kota Tanjungpinang berinisial RP, tersangka diduga menggunakan gelar palsu, RP merupakan anggota legislatif ini periode 2019-2024. Pemanggilan RP untuk pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan pada Senin (26/10) mendatang.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra, menyebutkan oknum anggota DPRD tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka sejak Selasa (20/10) lalu, dengan dugaan pengunaan gelar yang tidak sesuai pendidikan akademik di Perguruan Tinggi.

AKP Rio menambahkan, saat ini berkas tersangka telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negri Tanjungpinang, untuk diperiksa oleh Kejaksaan.

Tersangka RP terancam melanggar Pasal 63 ayat 3 Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003, dengan ancaman kurungan penjara paling lama dua tahun dan denda paling banyak sebesar Rp.200.000.000 (dua ratus juta rupiah).

Ditempat terpisah, melalui telewicara, salah satu akademisi di STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang, Ferizone menyayangkan terjadinya kasus jual beli gelar tersebut, sebagai akademisi ia berharap kasus ini tidak terulang kembali.

Ferizone meyakinkan bahwa masyarakat tidak perlu ragu dengan integritas Perguruan Tinggi saat ini, sebab masyarakat saat ini dapat mengakses informasi terkait keabsahan ijazah maupun gelar seseorang, melalui akses informasi pusat data Dikti, guna mendapatkan informasi yang akurat dan valid.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here