Dinas Perkim Targetkan Akhir Oktober Ranperda Sampah Masuk Prolegda

0
56

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Persampahan Kota Tanjungpinang, akan menggesa pengerjaan draft Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang sampah, hingga akhir bulan Oktober ini, agar dapat didaftarkan pada Program Legilasi Daerah ( Prolegda ) di DPRD Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Perkim Kota Tajungpinang, Djasman mengatakan, agar bisa sekalian diproses ke Prolegda, Perkim terlebih dahulu sudah mendaftarkan Ranperda sampah ke bagian hukum Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang.

Ranperda yang disusun ini, merupakan perubahan dari Perda Nomor 3 tahun 2015, yang menekankan kepada pengelolaan sampah di Kota Tanjungpinang yang menggunakan dasar 3R, yakni Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (mendaur ulang sampah).

Selain menggunakan dasar 3R, Ranperda ini nantinya akan memuat sanksi denda kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan, melalui turunan salah satu pasal yang diperkuat melalui Perwako. Karena pada Perda sebelumnya mekanismenya belum jelas.

Dengan terbentuknya Perda ini nantinya, diharapkan seluruh elemen di masyarakat dapat disiplin dalam membuang sampah, bukan dikarenakan adanya sanksi yang akan diterima karena melanggar peraturan tersebut, melainkan memang kesadaran diri sendiri untuk menjaga lingkungan disekitarnya.(Erl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here