Pemkab Bintan Akui Siap Terima Warga Malaysia

0
87

GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, berencana akan kembali membuka akses pintu masuk bagi Negara Malaysia, atas wacana ini disambut baik oleh Pemkab Bintan dengan mempersiapkan hal hal teknis, agar penyebaran pandemi covid 19 tidak menjadi ancaman.

Kesiapan Pemkab Bintan ini disampaikan langsung oleh Penjabat Sementara Bupati Bintan diruang kerjanya, menurut Buralimar, Kabupaten Bintan telah memiliki Pelabuhan Standar Internasional yakni Pelabuhan Bandar Sri Bintan Telani, secara fasilitas Pelabuhan tersebut sudah mumpuni untuk penerapan protokol kesehatan dan menjamin keamanan dan kesehatan setiap pendatang yang masuk.

Buralimar menambahkan, pertimbangan untuk dibuka kembalinya pintu masuk Malaysia-Indonesia melalui Kepri, sewajarnya dilakukan karena hubungan kekerabatan kedua negara ini cukup erat, dari mulai hubungan pernikahan antar warga negara, hingga hubungan persaudaraan yang sudah terjalin sejak lama. Selama pandemi covid 19 hubungan sosial ini menjadi renggang karena akses keluar masuk kedua negara ditutup.

Untuk mendorong rencana ini, Penjabat Sementara Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin menemui kedubes Malaysia, untuk membahas rencana ini.

Diharapkan dengan dibuka kembali akses keluar masuk antara Malaysia – Indonesia, khususnya di Kepri, akan memberikan dampak positif bagi hubungan kedua negara, baik dari sisi pemulihan ekonomi masyarakat, hingga hubungan sosial. Atas kebijakan ini nantinya dengan mengedepankan protokol covid 19 secara ketat, mengingat hingga saat ini pandemi masih menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat, baik pendatang maupun warga tempatan.(Drl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here