Kelonggaran Bagi UMKM di PPKM Level 4 Lanjutan


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Pemerintah pusat kembali melanjutkan kebijakan PPKM Level IV di beberapa daerah, sejak 26 Juli hingga 2 Agustus mendatang, dalam kebijakan ini pemerintah mulai melonggarkan aturan bagi para pedagang kecil sebagai upaya mengimbangi dampak ekonomi yang muncul akibat PPKM sebelumnya.

Sebagaimana yang diketahui, penerapan PPKM Darurat atau level IV yang berlaku sejak 12 Juli lalu memberikan dampak serius bagi ekonomi masyarakat, khususnya bagi pedagang kecil atau skala mikro, lantaran aturan yang ketat membatasi dan mengurangi pendapatan pedagang maupun pelaku UMKM.

Setelah dievaluasi, akhirnya pemerintah pusat kembali mengkoreksi kebijakan sebelumnya yang dinilai cukup berat bagi masyarakat khususnya bagi pelaku ekonomi mikro, dalam aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri yang baru , nomor 25 tahun 2021, Inmendagri membernarkan bagi pelaku UMKM seperti rumah makan dan kedai kopi skala mikro diperbolehkan membuka kursi dan meja untuk makan ditempat dengan menerapkan protokol yang ketat.

Kepri sebagai salah satu daerah yang masuk dalam zona PPKM Level IV, yakni Kota Tanjungpinang dan Batam akan menerapkan Inmendagri No.25 tersebut, dan segera mengeluarkan aturan rinci dalam Surat Edaran Walikota, hal ini dibenarkan oleh Koordinator Protkes Pemkot Tanjungpinang, Surjadi.

Kendati dilonggarkan, sebagaimana yang tercantum dalam Inmendagri terbaru, pelaku usaha tetap harus memperhatikan protkes secara ketat, seperti menyediakan kursi maksimal 25 hingga 50 % dari kapasitas normal, sedangkan untuk pelaku usaha menengah ke atas tetap diberlakukan sistem take away dengan pembatasan jam operasional hingga 20.00 WIB.

Upaya Pemerintah saat ini dalam mencegah penyebaran Covid 19 sedang digencarkan, namun dalam pelaksanaannya, Pemerintah juga harus memperhatikan kepentingan ekonomi yang sama pentingnya dengan dengan kepentingan kesehatan, sehingga keduanya dapat berjalan bersamaan dan seimbang.(Drl)

Comments