Nikah Massal Ditengah Pandemi


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Pemko Tanjungpinang melalui Dinas P3APM Kota Tanjungpinang, kembali menggelar program nikahan massal, bagi pasangan yang belum menikah secara hukum Negara, namun telah menikah secara agama atau nikah siri.

Program nikah massal yang bertujuan dalam mengakomodir pasangan yang belum mampu membiayai pernikahan secara hukum negara ini, sebuah upaya pemerintah untuk memberikan jaminan perlindungan hukum pada wanita dan anak, yang kerap menjadi korban dari pernikahan yang tidak terdata dalam administrasi Negara.

Dengan menikah secara hukum negara, hak dasar anak juga dapat terjamin, seperti hak mendapatkan akte kelahiran, hak mendapatkan jaminan kesehatan, serta hak pendidikan, yang membutuhkan syarat penting yakni buku nikah dari orangtuanya yang menikah sesuai peraturan Negara.

Hal ini juga ditegaskan oleh Walikota Tanjungpinang, Rahma dalam pidatonya yang sekaligus membuka acara tahunan tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala DP3APM Tanjungpinang, Rustam menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ditengah suasana pandemi covid 19 ini, tetap mempertimbangkan tempat yang sesuai dan Protkes Covid 19,, rustam menegaskan, sejatinya program ini adalah upaya untuk meringankan beban masyarakat untuk menikah sesuai hukum Negara.

Kegiatan nikah massal yang dilaksanakan di Hotel Comfort Tanjungpinang ini, awalnya diikuti oleh 19 pasangan, setelah diseleksi secara administrasi ternyata yang lolos hanya sepuluh pasangan.

Dengan berpakaian adat dan riasan pengantin, para pasangan Raja sehari tersebut tampak sumringah dan bahagia di hari pernikahan mereka.

Salah satu pasangan pengantin yang tertua, Abdul Murad (39) yang telah menikahi istrinya Laila Wati (51) secara siri selama 10 tahun lalu, saat ia merasa lega dan bahagia dengan nikahan massal yang digelar Pemko Tanjungpinang, sebab selama ini ia terhalang biaya untuk melangsungkan pernikahan secara hukum Negara.

Selain pasangan tua, ternyata dalam nikah massal ini juga menikahkan pasangan muda yakni Ari Fauzi (21) dan istrinya Novi Supriyanti (20), yang juga telah menikah siri terlebih dulu.(Drl)


Comments