TERBARU

Metropolis

Peringati Hari Anak Nasional, Dinkes Tanjungpinang Bakal Gelar Vaksinasi Polio

GOTVNEWS, Tanjungpinang– Dalam rangka memperingati hari anak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang akan menggelar vaksinasi polio untuk anak-anak berusia dibawah 7 tahun 11 bulan, Sabtu (20/7/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi polio rencananya akan digelar pada Minggu depan dan dilaksanakan acara serentak pada Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2024.

“Tanggal 23 Juli ini akan dimulai pemberian vaksin polio kepada seluruh anak usia dibawah 7 tahun 11 bulan,” kata Rustam.

Rustam menyebutkan, saat ini Kementerian Kesehatan sedang mendistribusikan vaksin polio ke sejumlah daerah termasuk Kota Tanjungpinang.

Dan untuk pelaksanaan vaksin polio, kata Rustam, akan digelar di beberapa tempat seperti di Puskesmas, sekolah hingga Posyandu.

“Manfaatnya untuk mencegah supaya anak-anak kita terhindar dari polio, karena polio merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kecacatan biasanya timbul pada kaki anak bengkok atau tinggi sebelah,” ucap Rustam.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sebut Rustam, untuk di Kota Tanjungpinang belum ada ditemukan kasus positif polio. Namun, jelas Rustam, bukan berarti Kota Tanjungpinang tidak beresiko akan kasus polio.

“Karena terjadi KLB polio di enam Provinsi, di Papua ada tiga Provinsi kalau tidak salah, di Jawa dua Provinsi kemudian juga Provinsi Aceh,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, ucap Rustam, pihaknya menargetkan vaksinasi polio akan menyasar kepada 25 ribu orang anak di Tanjungpinang. (San)

Berita Terkait