TERBARU

Berita Video

Irvan Syah, Pemuda Berbakat Asal Tanjungpinang Raih Prestasi Nasional Dari Hobi Multimedia

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Irvan Syah, pemuda berbakat asal Tanjungpinang, sukses mencetak prestasi gemilang dibidang multimedia dengan meraih medali emas di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2024.

Ajang nasional bergengsi dari Kemendikbudristek ini digelar di Universitas Airlangga, Surabaya, mulai tanggal 14-19 Oktober 2024 dan diikuti sebanyak 550 tim peserta dari 118 universitas di seluruh Indonesia.

Kemenangan Irvan diraih melalui karya ilmiah berjudul “Hydroplaza,” sebuah konsep inovatif yang mengatasi masalah banjir dan krisis air bersih di perkotaan dengan pendekatan berbasis Water Sensitive Urban Design.

Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Mesin di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Irvan berperan sebagai videographer dan editor dalam proyek ini, berkat keahliannya di bidang multimedia.

Pemuda berusia 20 tahun ini, berhasil menggabungkan aspek teknis dengan kreativitas visual, untuk menghasilkan video yang menggambarkan gagasan dengan jelas dan menarik, disertai dengan poster untuk mendukung presentasi yang memukau, hingga berhasil meraih juara 1 untuk kelas PKM-VGK.

Meski harus menghadapi tantangan dalam membagi waktu antara tuntutan akademik dan persiapan PIMNAS, dukungan intensif dari berbagai pihak sangat membantu Irvan dan timnya dalam meraih prestasi gemilang.

“Bisa dibilang sulit banget, karena timeline kita itu mulai dari bulan Januari, sampai sekarang itu udah bulan Oktober, dan untungnya dari kampus sendiri itu nyiapin ekosistem yang sangat mendukung untuk proses pengembangannya,” ujarnya saat diwawancara via zoom.

Selain itu, Irvan merupakan alumni SMA Negeri 2 Tanjungpinang berprestasi yang meraih medali perak untuk kategori bidang film pendek di ajang lomba FLS2N mewakili Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021.

Dengan penuh semangat, ia berharap dapat menginspirasi generasi muda lainnya, terutama di Tanjungpinang, untuk berani mengejar impian dan meraih kesuksesan.

“Untuk generasi muda khususnya anak-anak Tanjungpinang tipsnya yang pertama itu jangan minder, walaupun memang kita dari daerah, tunjukin kalau kita juga punya value yang sama, bahkan lebih dari mereka. Terus juga perbanyak relasi, jangan menutup diri,” pungkas Irvan.

Ke depan, pemuda kelahiran tahun 2004 ini berambisi untuk segera lulus kuliah, dan magang di perusahaan besar, serta terus mengembangkan karirnya.

Dengan dedikasi dan kreativitas tinggi, Irvan membuktikan bahwa kecintaan pada bidang multimedia bisa menjadi jalan menuju kesuksesan yang menginspirasi banyak anak muda lainnya.(Frh)

Berita Terkait