TERBARU

Berita Video

Air Terjun di Gunung Kidul Hilang Akibat Terkena Dampak Pengerjaan Proyek Jalan

GOTVNEWS, Yogyakarta – Belakangan ramai warganet di media sosial menyoroti hilangnya tempat wisata Air Terjun Kedung Kandang di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akibat pembangunan jalan alternatif Gunung Kidul-Sleman.

Dalam postingan video yang viral di media sosial memperlihatkan perbandingan antara kondisi Wisata Air Terjun Kedung Kandang sebelum adanya pembangunan jalan.

Kondisi air terjun saat ini telah lenyap dan beralih menjadi galian lokasi proyek pembangunan jalan.

Menurut informasi, pembukaan akses jalan baru yang menghubungkan antara dua kabupaten tersebut dilakukan untuk mengurangi terjadinya ketimpangan wilayah dengan membuka akses-akses baru untuk pergerakan ekonomi.

Namun, dalam pelaksanaan pembangunannya terdapat sejumlah kendala geografis seperti banyaknya lembah dan pegunungan di kawasan Baturagung.

Sehingga, hal itu menyebabkan Destinasi Wisata Air Terjun Kedung Kandang dikorbankan.

Bahkan, hilangnya air terjun tersebut berdampak pada banyaknya wisatawan yang membatalkan pemesanan glamping di kawasan tersebut.

Sontak, hal itu mengundang beragam respon komentar dari warganet.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PUP-ESDM Provinsi DIY, Anna Rina Herbranti mengatakan, air terjun berbasis batu berundak itu tidak akan hilang.

Ia berjanji untuk mengembalikan kondisi air terjun senatural mungkin seperti semula setelah proyek pembangunan selesai.(Frh)

Berita Terkait