TERBARU

Berita Video

SAR Gabungan Hentikan Operasi Pencarian Kapal MV Dai Cat 06 yang Hilang Kontak

GOTVNEWS, Natuna – Tim SAR gabungan menghentikan pencarian kapal MV Dai Cat 06 asal Malaysia yang hilang kontak di Perairan Natuna. Penghentian pencarian kapal MV Dai Cat 06 asal Malaysia dilakukan setelah melakukan operasi 7 hari operasi.

Dihari terakhir pencarian, Tim SAR gabungan menyusuri Perairan Natuna hingga menyisir jalur-jalur Internasional. Pencarian dihentikan sementara setelah dilakukan pencarian hari ke 7 dan masih belum menemukan keberadaan kapal tersebut.

Kepala Kantor SAR Natuna, Mexianus Bekabel mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang SAR Nomor 29 tahun 2014, kegiatan operasi SAR selama 7 hari, apabiila tidak ditemukan maka akan ditutup.

Namun tidak menutup kemungkinan operasi SAR kembali dibuka jika ada informasi tanda-tanda kapal ditemukan di sekitar kejadian.

“Operasi SAR kita tutup sementara setelah dilakukan pencarian hari ke 7, sesuai dengan UU SAR. Tapi bisa kembali dibuka jika adanya tanda-tanda jika ditemukan kapal tersebut,” kata Maxi.

Seperti diketahui, MV Dai Cat 06, kapal kargo berbendera Malaysia berangkat dari Lumut Malaysia bagian barat menuju Kuching, Serawak, Malaysia Timur sejak 23 Desember 2022 lalu. Dengan estimasi tiba pada 31 Desember 2022.

Kapal Cargo bermuatan Tiang Pancang atau Pailing itu membawa lima orang kru berserta nahkoda, dua diantara crew kapal itu merupakan Warga Negera Indonesia dan 3 orang lainnya merupakan Warga Negara asal Malaysia.(Zpl)

Berita Terkait