TERBARU

Metropolis

BPBD Bintan Himbau Warga Waspada Banjir Rob

GOTVNEWS, Bintan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Bintan, menghimbau agar warga mewaspadai banjir Rob yang beresiko terjadi.

Menurut Kepala BPBD Bintan Ramlah, sesuai hasil kajian resiko bencana memang disejumlah wilayah Kabupaten Bintan berpotensi terjadi genangan air, ketika terjadi musim hujan, khususnya dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Banjir Rob sering terjadi dan menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Bintan, melalui badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan,” jelasnya, Rabu (15/11/2023).

Banjir Rob terjadi dikarenakan hujan lebat disertai air laut naik pasang tinggi, sehingga menyebabkan wilayah yang rendah mudah tergenang air.

Wilayah yang kerap terjadi banjir Rob, seperti, di Kecamatan Bintan Timur dan Kecamatan Bintan utara.

“Kita mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan selokan, yang berpotensi menyebabkan genangan air,” tambahnya.

Menurutnya jika terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, dalam waktu yang lama maka warga diminta waspada terhadap banjir Rob, apalagi yang tinggal didaerah pesisir dan juga daerah rawan banjir.

“Khusus yang tinggal di wilayah pesisir dan wilayah rawan banjir agar lebih berwaspada ketika hujan lebat dengan waktu yang lama,” tutupnya.(Mhd)

Berita Terkait