TERBARU

Berita Video

Deretan Festival Budaya Tionghoa di Indonesia yang Masih Eksis hingga Kini

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Ada beragam jenis festival budaya yang sering dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Penasaran apa saja? Simak tayangan berikut ini.

Indonesia terkenal memiliki beragam suku serta budaya, salah satunya termasuk budaya masyarakat Tionghoa yang masih eksis hingga saat ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut ini merupakan beberapa jenis festival kebudayaan masyarakat Tionghoa yang masih dirayakan hingga sekarang.

Festival Tahun Baru Imlek

Festival tahun baru imlek atau festival musim semi merupakan sebuah tradisi perayaan awal tahun bagi masyarakat Tionghoa yang biasanya dirayakan dengan sangat meriah.

Seperti menggantung beragam pernak pernik serba merah, lampu lampion, menyiapkan angpao, pesta kembang api, hingga atraksi naga dan barongsai.

Festival Cap Go Meh

Festival Cap Go Meh  merupakan sebuah festival yang jatuh setiap tanggal 15 bulan pertama penanggalan Imlek. Biasanya dalam festival Cap Go Meh dirayakan dengan pertunjukan tarian barongsai, atraksi beladiri wushu, penampilan alat musik tradisional China, dan sebagainya.

Festival Ceng Beng

Festival Ceng Beng biasanya jatuh pada tanggal 5 April kalender masehi. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur atau keluarga yang telah meninggal dengan cara melakukan ziarah kubur.

Tradisi kemudian dilanjutnya dengan membersihkan dan bersembahyang di makam leluhur sambil membawa makanan.

Festival Bulan Hantu

Festival Ceng Beng atau festival Cioko adalah sebuah tradisi masyarakat tionghoa yang jatuh pada tanggal 15 bulan 7 penanggalan imlek.

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, pada saat itu pintu alam baka terbuka dan para hantu dapat berkelana dengan bebas di dunia selama satu bulan penuh, untuk itu mereka akan melakukan ritual sembahyang bagi para arwah.

Festival Tiong Ciu

Festival Tiong Ciu juga sering disebut sebagai hari kue bulan yang biasanya dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 dalam penanggalan imlek.

Tradisi ini dirayakan dengan cara berkumpul bersama keluarga untuk menikmati bulan sambil menikmati makanan khas yaitu kue bulan dengan meminum teh atau arak.(Frh)

Berita Terkait