TERBARU

Berita Video

Jenis Olahraga yang Baik bagi Kesehatan Jantung

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Jantung merupakan salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, anda disarankan untuk rutin berolahraga. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung.

Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan serta memperkuat otot jantung.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan jenis olahraga yang cocok bagi kesehatan jantung.

1. Bersepeda

Bersepeda selama 30-60 menit setiap hari dapat membantu mengurangi resiko terkena serangan jantung akibat stres serta dapat menguatkan kinerja otot jantung.

2. Berenang

Berenang secara rutin dapat melatih dan memperkuat otot jantung sehingga kinerja jantung dalam pembuluh darah dapat bekerja secara optimal.

3. Lari pagi

Riset membuktikan, berlari selama 5-10 menit dalam sehari bermanfaat untuk menurunkan risiko kematian akibat stroke dan serangan jantung, hingga menurunkan risiko kanker.

4. Yoga

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa seseorang berusia 40 tahun ke atas yang sering melakukan yoga selama lima tahun, akan mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung, faktor tersebut dapat membuat jantung menjadi sehat.

5. Jalan Kaki

Jalan selama 30 menit per hari atau 3,5 jam selama seminggu dapat bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung koroner sebanyak 19%.

Selain rutin berolahraga, ada baiknya juga dibarengi dengan pola makan yang sehat dan bergizi agar terhindar dari penyakit lainnya yang dapat memicu resiko penyakit jantung.(Frh)

Berita Terkait