TERBARU

Metropolis

Lapas Tanjungpinang Cek Kondisi Kesehatan Ratusan Warga Binaan

GOTVNEWS, Bintan – Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023, yang jatuh pada 27 April nanti. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Tanjungpinang menggelar kegiatan pengecekan kesehatan, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan ini menyisir Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari kelompok rentan (lansia) yang menghuni lapas tersebut. Mereka jadi lebih mengetahui penyakit yang ada di dalam tubuhnya.

Pengecekan gula darah, kolesterol dan asam urat ini menyasar 14 orang WBP lansia. Hasilnya, beberapa WBP ternyata mengidap gula darah.

“Hasil pemeriksaan kesehatan tadi, ada beberapa yang memang kadar gulanya sedang tinggi”, ujar Maman Herwaman Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang.

Tak hanya dicek, para WBP yang terindikasi kadar gulanya tinggi diberikan obat dari dokter Lapas untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuhnya.

Maman menerangkan pengecekan kesehatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan WBP agar tetap sehat selama menjalani kehidupan di dalam lapas. Selain itu, upaya lapas yang rutin dilaksanakan untuk menjaga kesehatan warga binaan seperti senam sehat.

“Itu (Senam sehat) rutin kita laksanakan setiap Minggunya. Kalau untuk WBP kelompok rentan, kita ada kegiatan senam lansia yang kita lakukan seminggu 3 kali,” terangnya.

Selain warga binaan, pengecekan kesehatan juga dilakukan kepada sipir lapas dan masyarakat di sekitar lapas.

Maman berharap dengan kegiatan ini bisa membantu warga binaan lapas dalam memelihara kesehatannya.(Mhd)

Berita Terkait