TERBARU

Berita Video

Menlu RI Sugiono Sebut Indonesia Ingin Gabung BRICS

GOTVNEWS, Rusia – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Sugiono, mengungkapkan minat Indonesia untuk bergabung dalam forum kerja sama ekonomi BRICS saat KTT BRICS di Kazan, Rusia, pada Kamis (25/10/2024) wib.

Langkah ini menandai dimulainya proses bagi Indonesia untuk menjadi anggota forum yang dibentuk oleh negara-negara berkembang.

BRICS merupakan blok ekonomi yang bertujuan memperkuat kerja sama dan mendorong kemajuan ekonomi negara berkembang agar mampu bersaing dengan negara maju.

Nama BRICIS sendiri diambil dari negara yang menjadi anggota sekaligus inisiator forum tersebut yakni Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Sejak Januari 2023, keanggotaan BRICS bertambah dengan masuknya enam negara, yaitu Arab Saudi, Ethiopia, Iran, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Republik Demokratik Kongo.

Saat ini, sekitar 30 negara, termasuk Indonesia, telah menyatakan minat untuk bergabung, seperti diumumkan Presiden Putin pada sesi pleno KTT BRICS di Kazan, Rusia pada Rabu (24/10/2024) waktu setempat.(Frh)

Berita Terkait