TERBARU

Metropolis

Nasib Petani di Bintan: Beli Solar Harus Lampirkan Sertipikat Tanah

GOTVNEWS, Bintan – Para petani di Bintan mengeluhkan sulitnya mendapatkan bahan bahak minyak (BBM) bersubsidi jenis solar. Bahkan untuk mendapatkan solar, para petani diminta melampirkan sertipikat tanah.

Hal itu diungkapkan seorang petani bernama Dede kepada Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam agenda mimbar sarasehan di Kantor DKPP Bintan, Km 18, Kelurahan Gunung Lengkuas, Selasa (31/10/2023).

Menurut Dede, syarat untuk mendapatkan solar cukup memberatkan para petani. Lantaran harus melampirkan sertipikat tanah yang digunakan sebagai garapan pertanian.

“Syaratnya cukup memberatkan, kita disini para petani banyak menggarap lahan pinjam dan bukan milik sendiri,” keluh Dede.

Dede dan petani lainnya berharap Pemkab Bintan bisa melakukan pengawasan distribusi solar subsidi di tingkat APMS.

“Kita minta pak Bupati agar melakukan pengawasan khusus di APMS di Bintan, kita sering tidak dapat jatah minyak meski memiliki kuota di APMS ini,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan, Khairul mengatakan saat ini untuk mendapatkan BBM subsidi jenis solar bisa menggunakan aplikasi SiCantik.

1 2

Berita Terkait