TERBARU

Ekonomi

Puluhan Ekor Kambing Tiba di Tanjungpinang untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Sebanyak 70 ekor Kambing untuk memenuhi kebutuhan lebaran Idul Fitri tiba di Pelabuhan Dompak, Tanjungpinang dengan menggunakan KM Budi Jasa, Jumat (7/4/2023) malam.

Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang, Aris Hadiyono mengatakan, puluhan ekor kambing tersebut didatangkan dari Kabupaten Karimun.

Kedatangan puluhan ekor kambing ini, kata dia, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Kami bersama pejabat otoriter veteriner Provinsi Kepri, selalu mendukung kelancaran pengiriman hewan kambing maupun sapi untuk kebutuhan masyarakat Tanjungpinang dan Bintan,” ucap dia, Sabtu (8/4/2023).

Salah seorang pejabat Karantina Hewan, Dorisman mengatakan, setibanya di Pelabuhan Dompak. Puluhan ekor kambing itu langsung dilakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari kelengkapan dan kesesuaian dokumen serta pemeriksaan kesehatan fisik. Serta melakukan penyemprotan desinfektan alat angkut baik kapal serta mobil yang membawa puluhan kambing tersebut.

Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam pencegahan terhadap penularan penyakit hewan melalui media pembawa maupun alat angkut.

“Hasil pemeriksaan fisik tidak ditemukan gejala klinis PMK. Dokumen lengkap. Saya apresiasi penggunaan jasa patuh dalam melaporkan kambing itu, sebelum di lalu lintaskan. Sehingga puluhan kambing ini terjamin kesehatannya dan siap didistribusikan ke masyarakat,” jelas dia.(Zpl)

Berita Terkait