TERBARU

Metropolis

Sepanjang 2023, Dinkes Tanjungpinang Mencatat 424 Warga Alami Jiwa Berat

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, mencatat sebanyak 424 warga alami gangguan jiwa berat, periode Januari hingga Oktober 2023.

Kepala DKPPKB Kota Tanjungpinnang, Elfiani Sandri, mengatakan, dari 424 orang itu, ada 392 orang atau 92 persen mendapatkan pelayanan atau penangana medis.

“Yang ini harus ditangani gangguan jiwa berat, itulah yang kita harapkan perlu penanganan secara kolaborasi dengan berbagai sektor,” ucapnya, Sabtu (9/12/2023).

Penangan warga yang mengalami gangguan jiwa berat, ucap Elfiani, dilakukan di rumah sakit rujukan RSUD Engku Haji Daud di Tanjung Uban.

Sementara itu, lanjut dia, untuk tiga rumah sakit di Tanjungpinang seperti RSUD, RSUP RAT dan RSAL, menangani kasus gangguan jiwa skala sedang dan ditangani oleh dokter spesialis jiwa.

“Mereka akan dikembalikan lagi ke keluarga, itulah fungsi keluarga yang sangat besar,” ungkapnya.

Dalam menangani gangguan jiwa, Elfiani menyampaikan, Dinkes Tanjungpinang telah membentuk tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat atau TPKJM.

Adapun tim TPJM itu beranggotakan gabungan dari beberapa stakeholder terkait seperti, dinas kesehatan, kepolisian, dinas sosial, dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat dan lain sebagainya.

Ia menyebutkan, tugas dari tim TPKJM juga nantinya bisa menangani orang dalam gangguan jiwa yang berkeliaran di jalanan dan meresahkan masyarakat.

“Itu yang harus diselesaikan bagaimana koordinasi ketika masyarakat menemukan kasus, pihak kelurahan atau siapapun itu, bisa menginformasikan ke kita, nanti tim bergerak untuk melakukan penanganan,” ujarnya. (San)

Berita Terkait