TERBARU

Metropolis

Tingkat Pengangguran Terbuka di Kepri Urutan Kedua Nasional, Ini Langkah Gubernur Kepri

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menempati urutan ke 2 di Indonesia dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Tertinggi, sebanyak 6,94 persen di Tahun 2024.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terdapat tiga daerah memiliki angka pengangguran terbuka tertinggi dari 38 Provinsi di Indonesia.

Urutan pertama TPT tertinggi Provinsi Banten dengan angka 7,02 persen per Februari 2024. Urutan kedua Provinsi Kepri 6,94 persen dan urutan ketiga Jawa Barat 6,91 persen.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, tingginya angkat survai pengangguran terbuka yang dikeluarkan oleh BPS. Disebabkan, Provinsi Kepri banyak didatangi oleh para pencari kerja yang berasal dari berbagai daerah.

“Normalnya satu tahun 33 ribu pertumbuhan angkatan kerja, tapi ditempat kitakan 50 ribu karena banyak pendatang. Karena waktu survai pendatangkan disurvai juga,” ungkap Ansar, Selasa (21/5/2024).

Ansar menuturkan, banyak orang menganggap Provinsi Kepri merupakan titik tempat lapangan kerja karena investasinya.

Sehingga, sebut Ansar, pertumbuhan pengangguran terbuka di Provinsi Kepri juga diperbanyak oleh para pencari kerja yang datang dari berbagai wilayah.

Saat ini, jelas Ansar Ahmad, Pemprov Kepri sedang fokus memberikan pelatihan kerja kepada para generasi muda di Kepri.

Dimana, ungkapnya, pada tahun 2024 ini pelatihan kerja dibuka untuk 800 peserta yang mana dana pelatihan tersebut berasal dari APBN maupun APBD.

“Kita akan teruskan dan perbanyak anak-anak kita punya terus kesempatan. Kita juga dorong terus investasi untuk mengejar angka pengangguran ini,” ujarnya. (San)

Berita Terkait