TERBARU

Berita Video

Wapres Ma’ruf Amin Sebut Faktor Kemiskinan Jadi Penyebab Maraknya PMI Ilegal

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin menyebut, faktor kemiskinan menjadi penyebab utama maraknya kasus PMI ilegal.

Hal itu disampaikan oleh Ma’ruf Amin kepada awak media saat kunjungan kerjanya ke Tanjungpinang, pada Jumat (9/6/2023) lalu.

Ma’ruf Amin mengatakan, Menko Polhukam RI beserta seluruh jajaran termasuk aparat kepolisian saat ini tengah mempeketat pengawasan terhadap pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal untuk mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Di sisi lain, Ma’ruf menyebut, salah satu upaya dalam mengatasi persoalan mengenai PMI ilegal adalah dengan cara menekan angka kemiskinan di daerah-daerah potensial terjadinya PMI ilegal.

“Memang kita sudah mengarahkan daerah-daerah potensial yang terjadinya PMI ilegal itu daerah-daerah yang tingkat kemiskinanya, oleh karena ini harus menjadi perhatian, salah satunya termasuk di Jawa dan NTT, untuk penurunan kemiskinanya akan kita prioritaskan,” ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga mengadakan perjanjian-perjanjian untuk tidak menerima PMI ilegal.

Sedangkan, untuk pencegahan dari dalam sendiri, pemerintah akan memperketat pengawasan pengiriman PMI di seluruh provinsi.(Frh)

Berita Terkait