TERBARU

Berita Video

Waspada Hipertensi Penyakit Berjuluk Silent Killer, Berikut Cara Pencegahannya

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Jika tidak segera ditangani, maka hipertensi dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Untuk itu, simak cara pencegahannya berikut ini.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyebut, 1 dari 3 orang Indonesia mengidap hipertensi, bahkan angka ini diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Hipertensi dikenal sebagai ‘Silent Killer’ dikarenakan penyakit ini dapat timbul tanpa ada keluhan, sehingga penderita tidak mengetahui jika dirinya ternyata mengidap hipertensi.

Hipertensi juga dapat meningkatkan resiko penyakit berat seperti, jantung, stroke, dan gagal ginjal yang berpotensi dapat menyebabkan kematian dan pembiayaan kesehatan yang sangat besar.

Untuk itu, guna mencegah berbagai resiko penyakit lainnya, maka perlu dilakukan deteksi dini dengan cara rutin mengukur tekanan darah secara berkala minimal 1 bulan sekali di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Selain itu, hipertensi juga dapat dicegah dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat seperti menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang, serta rutin melakukan aktivitas fisik dan tidak merokok.

Ayo, cek kesehatanmu secara berkala ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat untuk mencegah penyakit Hipertensi.(Frh)

Berita Terkait