TERBARU

Metropolis

GTRA Summit 2023, 10.668 Sertipikat Tanah Rakyat Kepri Dibagikan

GOTVNEWS, Karimun – 10.668 sertipikat tanah rakyat Kepulauan Riau diserahkan pada pelaksaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023 di Karimun, Rabu (30/8/2023).

Acara yang berlangsung di Coastal Area Kabupaten Karimun ini sejalan dengan semangat mewujudkan kepastian hukum atas tanah.

Jenis sertipikat yang diberikan meliputi beragam kategori, mulai dari sertipikat kawasan, cagar budaya, barang milik negara, hingga sertipikat hak pakai dan kawasan investasi.
Secara simbolis, sertipikat-sertipikat ini diserahkan oleh para perwakilan kabupaten/kota se-Kepri.

Baca juga: Menko Airlangga Buka GTRA Summit 2023 di Karimun

Proses penyerahan tersebut dipandu oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Hadi Tjahjanto, bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Menteri Hadi dalam sambutannya menegaskan bahwa sertipikat yang diberikan memberikan legalitas sah atas hak atas tanah, memberikan rasa tenang kepada masyarakat dalam menjalani kehidupan.

“Setelah menerima sertipikat, penting untuk menjaganya secara baik. Dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, sertipikat harus tetap aman,” pesannya.

Baca juga: GTRA Summit 2023, Pemprov Kepri Bagikan Kartu BPJS TK Nelayan dan Pelepasliaran Bibit Ikan

Lebih lanjut, Hadi Tjahjanto menyebut bahwa sertipikat juga berperan dalam mengurangi konflik kepemilikan tanah dan tumpang tindih klaim tanah yang seringkali terjadi di kalangan masyarakat. Dengan sertipikat, konflik tersebut diharapkan dapat diminimalisasi.

1 2

Berita Terkait