TERBARU

Berita Video

Respons Menlu Retno Usai Yahya Sinwar Ditunjuk Sebagai Pemimpin Baru Hamas

GOTVNEWS, Jakarta – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menanggapi ditunjuknya Yahya Sinwar sebagai pemimpin baru Hamas, menggantikan Ismail Haniyeh yang tewas dibunuh di Tehran, Iran pekan lalu.

Kelompok Hamas menunjuk pemimpin politik barunya, Yahya Sinwar, untuk menggantikan Ismail Haniyeh, yang tewas dibunuh di Teheran, Iran pada 31 Juli 2024 lalu.

Menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan Indonesia tetap fokus mengupayakan perdamaian gencatan senjata di Gaza, Palestina.

Indonesia juga terus mendorong agar bantuan kemanusiaan dapat dijalankan tanpa hambatan. Retno mengatakan Indonesia mendukung solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Palestina dengan Israel.

Diketahui, Yahya Sinwar menjadi tokoh paling dicari Israel. Dia dituduh sebagai dalang di balik serangan 7 Oktober 2023 di wilayah Israel yang menyebabkan 1.200 orang tewas.

Panglima Angkatan Darat Israel Letnan Jenderal Herzi Halevi bersumpah untuk menemukan pemimpin baru Hamas Yahya Sinwar dan melenyapkannya.

Sementara itu, PM Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa Israel tetap bertekad untuk mempertahankan diri. (frh)

Berita Terkait