TERBARU

Wisata

Daya Tarik Pariwisata Air Terjun Batu Ampar Lingga jadi Destinasi Favorit Wisatawan saat Libur Lebaran

GOTVNEWS, Lingga – Libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah kali ini sejumlah tempat wisata di Kabupaten Lingga ramai diserbu para wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Batu Ampar.

Wisata Air Terjun Batu Ampar terletak di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga.

Pengelola Wisata Air Terjun Batu Ampar, Lingga, Bima menyebut, sejak hari kedua libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, jumlah wisatawan yang datang mencapai lebih kurang sekitar 800 orang, sementara di hari ketiga jumlah pengunjung mencapai sekitar 200 orang, pada Senin (24/4/2023).

“Hari ini jumlah wisatawan dari pagi tadi sampai siang hari sudah ada sekitar 200 orang yang datang, kemarin lebih banyak lagi sekitar 800 orang,” ucapnya.

Bima menambahkan, jumlah wisatawan yang berkunjung meningkat sekitar 80 persen saat momen libur lebaran jika dibandingkan hari biasanya.

“Kalau dihari libur lebaran seperti ini jumlah pengunjung yang datang itu meningkat sekitar 80 persen jika dibandingkan hari biasa,” tambahnya.

Menurutnya, selain wisatawan lokal, pengunjung wisata Air Terjun Batu Ampar juga didominasi dari luar kota, diantaranya dari Kota Batam dan Tanjungpinang.

Wisata Air Terjun Batu Ampar ini menjadi salah satu destinasi pilihan favorit bagi sejumlah masyarakat baik warga lokal maupun luar daerah untuk menghabiskan momen saat libur lebaran.

Seperti yang dirasakan oleh salah satu pengunjung lokal, Rian yang mengaku ingin menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga dengan berwisata.

“Saya sengaja datang kesini untuk liburan bareng keluarga, mumpung masih libur lebaran,” ujarnya.

Selain dapat menikmati segarnya air terjun pegunungan dengan berendam, pengunjung juga dapat berswafoto dibawah pepohonan rindang dan di rumah pohon.

Jika ingin menikmati indahnya wisata alam ini, anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk orang dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak, serta biaya parkir sebesar Rp 1 ribu untuk sepeda motor dan Rp 2 ribu untuk mobil.

Air Terjun Batu Ampar Lingga masuk ke dalam daya tarik pariwisata Kepri. Plt. Kadispar Kepri Raja Hery Moekhrizal mengatakan penetapan itu tertuang dalam keputusan Gubernur Kepri nomor 1262 tahun 2022.

“Kabupaten Lingga masuk ke dalam daya tarik pariwisata, seperti objek wisata air terjun Resun, pemandian air panas, Museum Linggam Cahaya, situs Istana Damnah dan air terjun Lubuk Papan,” jelasnya.(Frh)

Berita Terkait