TERBARU

Berita Video

Buntut Kenaikan UKT dan Uang Pangkal, Ratusan Mahasiswa Unri Berdemonstrasi

GOTVNEWS, Pekanbaru – Ratusan mahasiswa Universitas Riau (Unri) menggelar unjuk rasa di depan Rektorat Unri, Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru, Selasa (14/5/2024) pagi. Mereka memprotes kenaikan UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dianggap memberatkan mahasiswa.

Gelombang protes mahasiswa atas kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) terjadi di sejumlah perguruan tinggi. Beberapa aksi protes dilakukan dalam bentuk demonstrasi.

Salah satu kasus yang menyita perhatian publik adalah kenaikan UKT di Universitas Riau (Unri) Pekanbaru.

Sejumlah mahasiswa mengeluhkan kenaikan uang kuliah yang sangat tidak sesuai dengan kemampuan finansial mahasiswa. Sehingga, beberapa mahasiswa terpaksa berpikir ulang untuk melanjutkan kuliahnya.

Ditambah lagi adanya kebijakan baru terkait Iuran Pengembangan Institusi (IPI) atau uàng pangkal yang dianggap memberatkan para calon mahasiswa baru semakin memperburuk situasi yang ada.

Sebelumnya, Mahasiswa Universitas Riau (Unri), Khariq Anhar, dilaporkan ke polisi setelah membuat konten video memprotes kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Dua pekan setelah aksi unjuk rasa, Khariq menerima kabar telah dilaporkan ke kepolisian. Ia dilaporkan oleh Rektor Unri Prof Sri Indarti atas dugaan pelanggaran UU ITE.

Namun, laporan tersebut kemudian telah resmi dicabut oleh Rektor Universitas Riau. Kedua belah pihak juga sepakat untuk berdamai.(Frh)

Berita Terkait