TERBARU

Berita Video

CPNS dan PPPK 2024 Segera Dibuka! Diutamakan Untuk Fresh Graduate dan IKN

GOTVNEWS, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menetapkan formasi CPNS dan PPPK 2024. Diutamakan untuk fresh graduate dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pemerintah telah menetapkan formasi ASN sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

PPPK diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks honorer K2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas menyebut, formasi bagi fresh graduate diutamakan untuk menjaring talenta digital, tenaga auditor, serta SDM yang akan mengisi jabatan di IKN.

Tahun ini, pemerintah membuka ruang lebih besar bagi kalangan fresh graduate dibanding tahun sebelumnya yang memiliki kemampuan digital untuk menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Diketahui, seleksi CPNS 2024 akan dilakukan sebanyak tiga periode. Periode I dimulai pada minggu ketiga bulan April, Periode II akan dilaksanakan pada bulan Juni, dan Periode III berlangsung pada Agustus mendatang.(Frh)

Berita Terkait