TERBARU

Metropolis

Dinkes Tanjungpinang Lakukan Screening Hipotiroid untuk Bayi Sehat

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang bakal melakukan screening Hipotiroid.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Elfiani Sandri mengatakan, screening Hipotiroid akan dilakukan pada bayi, guna melakukan pencegahan terhadap penyakit gondok.

“Kita lakukan pemerikasaan semua anak yang baru lahir, diambil samplenya lalu diperiksakan ke laboratoium rujukan di RSUP M. Jamil Padang,” Kata Elfiani, Jumat (12/1/2023).

Jika pada hasil pemeriksaan didapati adanya gejala atau indikasi Hipotiroid, sebut Elfiani, maka segera dilakukan pengobatan sehingga penyakit tersebut dapat dicegah.

Elfiani menyampaikan, Hipotiroid mempunyai dampak pada tumbuh kembang anak jika kadar Tiroid rendah pada darah. Oleh karena itu, jelasnya, perlunya segara dilakukan pengobatan agar tidak mempengaruhi pertumbuhan anak.

“Kalau untuk ciri-ciri awalnya terlihat ada pembekakan di leher. Namun tidak bisa langsung diindikasikan Hipotiroid atau gondok, karena harus tetap melalui proses pemeriksaan darah di laboratorium,” ucapnya.

Hingga saat ini, Dinkes Tanjungpinang belum menemukan adanya bayi menderita Hipotiroid.

Namun demikian, Dinkes terus melakukan pemantauan terhadap penyakit tersebut, guna menciptakan kesehatan yang berkualitas pada anak. (San)

Berita Terkait