TERBARU

Berita Video

Disparbud Bintan Gelar Kenduri Rumah Tua Melayu Desa Berakit

GOTVNEWS, Bintan – Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Bintan, menggelar kegiatan kenduri rumah tua Melayu di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat Desa Berakit beserta warga setempat.

Kenduri rumah tua melayu Desa Berakit awalnya bermula dari menyambut hari besar islam. Diantaranya hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha,.

Warga biasanya setelah melaksanakan sholat Idul Fitri atau Idul Adha langsung menuju ke rumah tua melayu Desa Berakit. Kegiatan yang dilakukan adalah menggelar silaturahmi dan doa bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan.

Usai doa bersama, warga desa kemudian menyantap hidangan makanan berupa ketupat, serundeng, ayam gulai dan ikan sambal. Uniknya seluruh makanan dihidangkan menggunakan talam.

Selain kenduri, berbagai kegiatan budaya melayu juga digelar, diantaranya pertunjukan permainan gasing, pencak silat dan beberapa seni budaya melayu lainnya.

Untuk diketahui rumah melayu ini dibangun pada tahun 1908. Rumah melayu yang berusia 115 tahun ini terletak di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

Rumah ini memiliki lebar 7 meter dan panjang 12 meter serta memiliki enam ruangan dengan 66 tiang pondasi yang kokoh.

“Dukungan dan doa restu dari semua tokoh adat melayu atas apa yang menjadi khas budaya melayu, hendaknya dapat tersajikan dirumah adat Desa Berakit ini. Sehingga keberadaan rumah tua melayu yang usianya seabad lebih lamanya akan menjadi daya tarik sekaligus potensi bagi dunia pariwisata,” ujarnya.(Mhd)

Berita Terkait