TERBARU

Berita Video

DPKP Provinsi Kepri Revitalisasi 200 Rumah Suku Laut

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Ratusan rumah suku laut yang telah berdiri sejak 10 tahun di revitalisasi, proses revitalisasinya pun hingga Oktober ini telah mencapai 50 persen, dan ditargetkan selesai Desember mendatang.

Proses revitalisasi 200 rumah suku laut yang berada di Kabupaten Lingga, hingga Oktober ini telah mencapai 50 persen, DPKP Provinsi Kepri menargetkan Desember mendatang revitalisasi telah rampung.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Provinsi Kepri, Said Nursyahdu mengatakan, Desember mendatang ratusan rumah suku laut yang telah berusia 10 tahun tersebut sudah bisa ditempati.

Dimana, sebelumnya ratusan rumah suku laut yang direvitalisasi itu, adalah rumah bantuan yang dibangun Pemprov Kepri di era kepemimpinan Gubernur (alm) HM Sani.

Revitalisasi yang dilakukan mulai dari pergantian pondasi, atap serta dinding rumah suku laut. Serta pengerjaan revitalisasi itu dikerjakan dengan dana swakelola sebesar Rp 7 miliar, dan melibatkan kelompok masyarakat.

“Untuk satu unit anggarannya itu Rp 35 juta. Hanya pondasinya yang kita buat dari beton, ini ketika ke depan ada perbaikan, tidak susah lagi mau bikin pondasinya,” katanya.

Saat ini Pemprov Kepri masih melakukan pembahasan, terkait rencana melanjutkan program revitalisasi rumah suku laut diseluruh wilayah Provinsi Kepri, yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Diamana seperti diketahui, untuk di Kabupaten Lingga terdapat 800 unit rumah suku laut yang masih perlu di revitalisasi, dan belum termasuk untuk diwilayah Kabupaten dan Kota lainya.(Zpl)

Berita Terkait