TERBARU

Berita Video

Dramatis, Evakuasi 6 ABK Kapal TB Pretty 9 Tenggelam di Perairan Lagoi Bintan

GOTVNEWS, Bintan – Enam anak buah kapal terombang abing di Perairan Lagoi, Kabupaten Bintan, berhasil di evakuasi kapal RIB 04 SAR Tanjungpinang. Evakuasi 6 ABK kapal Pretty 9 bertahan dilaut menggunakan ring buoy berlangsung dramatis.

Sebelumnya keenam ABK kapal terombang ambing ditengah laut lebih kurang setengah hari, menggunakan ring buoy atau alat keselamatan dalam kapal.

Peristiwa berawal dari Basarnas Tanjungpinang yang mendapatkan informasi dari MRCC Johor Bahru, dan VTS Batam bahwa enam ABK kapal Pretty 9 terombang ambing di Perairan Lagoi, Bintan.

Setelah mendapatkan informasi itu, Tim SAR Tanjungpinang dengan menggunakan kapal RIB 04 berhasil mengevakuasi ke enam orang ABK kapal tersebut.

Keenam ABK kapal tersebut masing-masing bernama, Yulius asal Batam, Muh Safwan asal Dusun Bambu Kuning, Vikram asal Batam, Michael asal Toraja, Rasid Baso asal Makasar dan Tatang Sulaeman asal Bekasi.

Kepala Siaga Harian SAR Tanjungpinang, Firmansyah mengatakan, kapal TB Pretty 9 berbendera Malaysia dengan rute Out Port Limit 16 menuju OPL Higce. Saat di Perairan Lagoi Bintan, kapal diduga dihantam ombak dan tenggelam.

“Kemungkinan kapal mereka tenggelam karena ombak, karena kita liat intensitas cuaca di Kepri buruk. Hari ini ombak di Kepri itu berkisar 2 hingga 4 meter, itu yang menyebabkan kapal Pretty tenggelam,” kata dia.

Setelah berhasil dievakuasi, keenam ABK kapal Pretty 9 dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak medis. Kemudian, keenam ABK tersebut akan dikembalikan kepada keluarga mereka masing-masing.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi SAR tersebut diantaranya, SAR Tanjungpinang, Lanal Bintan, PLP Tanjung Uban, KKP Lagoi, Polair Polres Bintan, dan Syahbandar BBT Lagoi. (zpl)

Berita Terkait