TERBARU

Berita Video

Istana Damnah Bukti Sejarah Kejayaan Kerajaan Melayu di Lingga

GOTVNEWS, Lingga – Kabupaten Lingga sangat terkenal akan sejarah kejayaan kerajaan melayu yang tersohor pada masanya. Salah satunya, Situs Cagar Budaya Istana Damnah yang masih ada hingga saat ini.

Istana Damnah merupakan situs kerajaan melayu yang terletak di Kampung Damnah, Daik Lingga. Situs ini merupakan warisan cagar budaya peninggalan Kerajaan Riau Lingga yang sarat akan sejarah.

Istana Damnah dibangun oleh Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah III pada tahun 1857-1883 silam, dimana pada masa itu kerajaan Melayu Riau Lingga mengalami masa kejayaan.

Bangunan asli dari istana damnah kini sudah roboh dan hanya menyisakan puing-puing atau sisa-sisa bangunan istana yang masih tertinggal, yang kini dijadikan sebagai situs cagar budaya.

Namun para wisatawan masih dapat melihat replika dari bentuk bangunan Istana Damnah, yang dibangun oleh pemerintah setempat, yang berada tak jauh dari lokasi bangunan aslinya.

Replika bangunan istana damnah tersebut tampak memiliki ciri khas Melayu, yakni dengan nuansa balutan warna kuning dan juga hijau. Ditambah lagi bangunan ini memiliki corak yang khas di bagian jendela dan pintu, serta terdapat bentuk bunga berwarna kuning di bagian sisi atap.

Hingga kini bangunan Replika Istana Damnah ini difungsikan sebagai tempat untuk melakukan acara adat dan budaya di Lingga.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung, situs cagar budaya istana damnah ini, mulai dibuka dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.(Frh)

Berita Terkait