TERBARU

Wisata

Jelajahi Wisata Hutan Mangrove di Desa Toapaya Selatan Kabupaten Bintan

GOTVNEWS, Bintan – Bintan memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan juga menyajikan pemandangan-pemandangan yang membuat pengunjung takjub.

Berbagai potensi alam yang di miliki Pulau Bintan yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Salah satunya potensi alam yang di miliki adalah Mangrove Desa Toapaya Selatan, yang berada di Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Menikmati hutan mangrove sepanjang mata memandang, menjadikan pengalaman yang tak terlupakan untuk berakhir pekan atau pun berlibur. Panorama hutan mangrove sambil menyusuri sungai ini, bisa ditemukan di Desa Toapaya Selatan, Bintan.

Inovasi yang dilakukan oleh Desa Toapaya Selatan berupa pengembangan daerah wisata berbasis alam (ekowisata) yang memanfaatkan lahan serta potensi alam desa bernama TOSELA (Toapaya Selatan) Ekowisata.

Jelajahi Wisata Hutan Mangrove di Desa Toapaya Selatan Kabupaten Bintan.
Jelajahi Wisata Hutan Mangrove di Desa Toapaya Selatan Kabupaten Bintan. Foto: bintantourism.com.

Ekowisata Desa Toapaya Selatan terdaftar dalam Program Inovasi Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Berbagai permainan alam terbuka, hasil inovasi dari Pemerintah Desa Toapaya Selatan ada di Ekowisata Tosela. Pengunjung bisa mencoba menjajal lahan offroad dengan menggunakan All Terrain Vehicale (ATV).

Inovasi wisata lainnya yakni mangrove adventure. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan mangrove dengan menggunakan speedboat yang disediakan pengelola.

Dengan inovasi Ekowisata Tosela ini, imbuhnya lagi, kini menjadikan Desa Toapaya Selatan sebagai desa mandiri. Bahkan mampu menciptakan lapangan kerja. Dan meningkatkan PADes dan tentunya akan berakibat baik pada kesejahteraan warga sekitar.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran pada Dinas Pariwisata Kepri, Afitri Susanti mengatakan, Hutan mangrove Desa Wisata Toapaya Selatan masuk ke dalam kawasan strategis pariwisata Kepri.

“Dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Kepri Nomor 1263 tahun 2022 tentang, Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Daya Tarik Wisata Provinsi Kepri,” jelasnya. (Zpl)

Berita Terkait