TERBARU

Berita Video

Jokowi Panggil Menag Yaqut di Tengah Isu Pansus Haji DPR RI

GOTVNEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas ke Istana Kepresidenan di tengah isu pembentukan panitia khusus (pansus) oleh DPR RI.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (19/7/2024) pagi. Ia tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, sekitar pukul 09.11 WIB dan keluar sekitar pukul 10.00 WIB.

Yaqut mengaku dipanggil oleh Jokowi untuk melaporkan kerja Kementerian Agama yang dia pimpin. Namun, ia enggan menjawab saat ditanya soal permasalahan haji dan Pansus Haji yang dibentuk DPR.

Belakangan ini, Kinerja Kementerian Agama tengah disorot oleh DPR akibat beragam masalah yang terjadi selama pelaksanaan ibadah haji 2024. Bahkan, DPR telah membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengusut karut-marut penyelenggaraan pelaksanaan ibadah haji 2024.

Sebelumnya, tim pengawas DPR menyoroti soal pengalihan kuota haji reguler ke haji khusus atau ONH Plus sebanyak 20 ribu kuota.

Pengalihan kuota haji reguler ke haji khusus tersebut dilakukan tanpa persetujuan Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan penyelenggaraan ibadah haji.

Pengalihan tersebut juga dinilai menyalahi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.(Frh)

Berita Terkait