TERBARU

Berita Video

KPU Tanjungpinang Kembali Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Memantapkan jalannya dengan baik pemilu pada 14 Febuari 2024 nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang kembali menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2024.

KPU Tanjungpinang terus melaksanakan persiapan dengan baik, untuk memantapkan jalanya Pemilu pada 14 Febuari 2024 nanti.

Salah satunya dengan kembali menggelar simulasi pemungutan suara sekaligus perhitungan suara dan penggunaan Sirekap, yang digelar TPS 28 di Kompleks Bintan Center Batu 9, Tanjungpinang, Minggu (28/1/2024) kemarin.

Simulasi yang diikuti sebanyak 200 orang pemilih itu, disimulasikan mulai dari mengisi daftar hadir, menyerahkan KTP ke petugas KPPS.

Kemudian, pengambilan surat suara ke petugas KPPS, menuju bilik suara hingga memasukkan surat suara kotak suara, dan mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda telah memberikan hak suaranya.

Komisioner KPU Tanjungpinang, Andri Yuri mengatakan, tujuan simulasi untuk menggambarkan bentuk nyata pelaksanaan Pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024 nanti.

Simulasi memperagakan 5 jenis surat suara yakni, DPRD kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI serta Presiden dan Wakil presiden, dengan menggunakan surat suara bergambar buah dan nama caleg digantikan nama buah.

“Ini adalah bentuk nyata yang akan kita peragakan bagaimana nanti kondisi real dilapangan saat pemungutan suara di 14 Febuari 2024. Tpsnya juga real dan jumlahnya kita undang 200,” jelasnya.

Jika terdapat temuan dari hasil simulasi, maka temuan tersebut akan disampaikan ke KPU RI, untuk sebagai bahan evaluasi sehingga dapat diminimalisir dihari pencoblosan.(San)

Berita Terkait