TERBARU

Berita Video

Kunjungi Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus Kagumi Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral

GOTVNEWS, Jakarta – Pemimpin tertinggi gereja Katolik, Paus Fransiskus tiba di Masjid Istiqlal, untuk bertemu tokoh lintas agama dan mengunjungi Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral Jakarta, pada Kamis (5/9/2024) pagi.

Kedatangan Paus Fransiskus disambut dengan antusiasme ratusan warga yang telah menunggu di sekitar pintu masuk Masjid Istiqlal. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, langsung menyambut pemimpin umat Katolik tersebut.

Paus Fransiskus memberikan pidato di hadapan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, Jakarta, usai menandatangani Deklarasi Istiqlal.

Dalam pidatonya, Paus mengungkapkan kekagumannya terhadap toleransi beragama di Indonesia, yang ia sebut terlihat jelas melalui Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Gereja Katedral dengan Masjid Istiqlal.

Paus Fransiskus juga menekankan pentingnya menjaga keragaman tanpa paksaan dogma dan mengingatkan agar penghargaan terhadap keyakinan masing-masing tidak berubah menjadi fundamentalisme.

Usai berkunjung ke Masjid Istiqlal, Paus kemudian melanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat dari organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Selanjutnya, pada sore hari, pukul 17.00 WIB, Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. (frh)

Berita Terkait